Pages

Senin, 11 November 2013

Minum Temulawak. . . . Rematik Minggat.



            Anda penderita Reumatik? 

   Sering Merasa Nyeri pada Sendi? 
Oleh : Beny Bakhtiar

Obat herbal telah diterima secara luas di hampir seluruh Negara di dunia Menuru WHO negara- negara di Afrika, Asia dan Amerika Latin  menggunakan  obat  herbal  sebagai pelengkap pengobatan primer yang mereka terima. Bahkan di Afrika, sebanyak 80% dari populasi menggunakan obat herbal untuk pengobatan primer (WHO, 2003).Faktor pendorong terjadinya peningkatan penggunaan obat herbal di negara maju adalah usia harapan hidup yang lebih panjang pada saat prevalensi penyakit kronik meningkat, adanya kegagalan penggunaan obat modern untuk penyakit tertentu di antaranya kanker serta semakin luas akses informasi mengenai obat herbal di seluruh dunia (Sukandar EY, 2006).

Temulawak Mengurangi Nyeri dan Rematik

 Cara kerja 
Kurkumin yang terkandung dalam temulawak mempunyai aktivitaantiradang  yang setara dengan 100 mg  fenilbutazon yang dapat  bergunmengurangi nyeri  dan radang sendiAktivitas ini dapat dicapai melalui penghambatan migrasi sel-sel leukosit ke daerah radang, atau melalui penghambatan pembentukan  serta transportasi mediator radang yaitu prostaglandin. Dari  uji klinis menggunakan kurkumin dengan dosis tertentu ditunjukkan adanya perbaikan pada penderita radang sendi.

 Cara pemakaian dan dosis 
Dosis kurkumin yang digunakan pada uji klinis adala400 - 1200 mg per hari.

Contoh  bentuk sediaan  
 Cuci bersih 60 gr rimpang temulawak segar, dibakar di atas bara api, kemudian diparut,       peras airnya dengan bantuan 2 gelas air minum masak.
-   sediaan dipasaran biasanya dalam bentuk tunggal maupun campuran dengan kadar kurkumin 30 -  40 mg dan minyak atsiri 60 – 80 mg

Daftar Pustaka
     Badan POM RI. 2005. Info POM gerakan nasional minum temulawak Vol.6 No.6. jakarta : Badan POM RI



Title: Minum Temulawak. . . . Rematik Minggat. ; Written by Unknown; Rating: 5 dari 5