Pages

Selasa, 12 November 2013
Asam Urat lenyap dengan Daun Salam


Salam (Syzigium polianthum) merupakan anggota famili Myrtaceae ini juga dikenal dengan nama meselangan, umar serai, gowok, manting, dan kastolam. Pohon salam tumbuh liar di hutan-hutan dan dapat mencapai ketinggian 25 meter. Daunnya lonjong, panjang 15-25mm, tepi rata, ujungnya pendek dan tumpul. Bunga salam berjumlah banyak, berukuran kecil, berwarna putih, dan wangi. Bunga ini muncul di dahan yang tidak berdaun.

Penyakit asam urat merupakan salah satu jenis penyakit rematik artikuler, yaitu rematik yang terjadi di bagian sendi. Penyakit asam urat terjadi akibat dari konsumsi zat purin secara berlebihan. Purin diolah tubuh menjadi asam urat, tapi jika kadar asam urat berlebih maka terjadi Hiperurisemia. Hiperurisemia adalah keadaan terjadinya peningkatan kadar asam urat darah di atas normal lebih dari 7 mg/dl dan ginjal tidak mampu mengeluarkan lewat urin sehingga kristal asam urat menumpuk di persendian. Akibatnya sendi terasa nyeri, bengkak dan meradang
.

Daun salam telah teruji klinis dapat mengatasi asam urat, seperti dalam kutipan berikut :

“Ekstrak daun salam (Syzigium polianthum) sudah terbukti dapat menurunkan kadar asam urat darah berdasarkan hasil uji pra klinik pada binatang coba (mencit) yang bekerja dengan cara menghambat hipoxantin menjadi xantin”

“Bagian tanaman yang digunakan adalah daun yang masih segar atau yang sudah dikeringkan. Salam mengandung tannin, flavonoid, alkaloid, dan minyak atsiri yang terdiri dari sitrat dan eugenol, dll.”


Khasiat :
Peluruh perkemihan/buang air kecil
Memperbanyak produksi urin sehingga menurunkan kadar asam urat
Khasiat analgesiknya menyebabkan hilangnya rasa sakit saat berjalan
Bahan yang dibutuhkan :
Daun salam segar sebanyak 10-15 lembar
Cara pemakaian :
Daun dicuci lalu direbus dengan 3 gelas air bersih sampai airnya tersisa 1 gelas. Setelah dingin, air disaring dan diminum sekaligus pada pagi hari sewaktu perut kosong. Ampasnya bisa direbus sekali lagi dan airnya diminum pada sore hari.
Khasiat :
Peluruh perkemihan/buang air kecil
Memperbanyak produksi urin sehingga menurunkan kadar asam urat
Khasiat analgesiknya menyebabkan hilangnya rasa sakit saat berjalan
Semoga Bermanfaat!
Daftar pustaka :
Ngestiningsih,dwi & Hadi,suryanto. 2011. Ekstrak Herbal (Daun salam, Jintan Hitam, Daun Seledri) dan Kadar IL-6 Plasma Penderita Hiperurisemia. Media Medika Indosiana vol. 45 (2). Hal: 133 - 117
Dalimartha, setiawan. 2008. Resep Tumbuhan Obat Untuk Asam Urat. Jakarta : penebar swadaya.

Dewani, & Sitanggang,maloedyn. 33 Ramuan Penakluk Asam Urat .Jakarta : agromedia
Title: ; Written by Unknown; Rating: 5 dari 5