Pages

Selasa, 12 November 2013

KUNYIT SEBAGAI ANTI RADANG PADA GOUT ARTRITIS


Oleh : Veronica Lita W  
    

Apa itu Gout Artritis ?
 Gout Artritis atau yang lebih dikenal dengan sebutan asam urat merupakan merupakan gangguan metabolik karena asam urat ( uric acid ) menumpuk dalam jaringan tubuh. Uric acid adalah zat hasil akhir metabolisme purin dalam tubuh, yang kemudian dibuang melalui urin. Pada kondisi gout, terdapat timbunan atau defosit kristal asam urat di dalam persendian.

Apa Penyebab Gout Artritis ?
Penyebab terjadinya gout adalah adanya penimbunan kristal asam urat di dalam persendian sehingga terjadi kerusakan lokal. Penyebab utama meningkatnya kadar asam urat dalam darah adalah karena adanya gangguan metabolisme asam urat. Salah satunya disebabkan karena mengonsumsi makanan yang mengandung purin tinggi, seperti minuman berakohol, melinjo dan olahannya seperti emping, jeroan, dan kacang-kacangan.

Kunyit sebagai Anti Radang pada penderita Gout Artritis
Apabila telah terjadi pembengkakan sendi atau kadar asam urat serum lebih dari 10 mg/dl, penderita harus diberikan diet bebas purin. Namun, pada kenyataannya tidak mungkin merencanakan diet tanpa purin karena hampir semua bahan makanan sumber protein mengandung nukleoprotein. Diet yang normal biasanya mengandung 600-1000 mg purin per hari. Oleh karena itu, diet bagi penderita gout harus dikurangi kandungan purinnya hingga kira-kira hanya mengonsumsi sekitar 100-150 mg purin per hari.

Dalam suatu penelitian membuktikan bahwa kunyit dapat menurunkan konsentrasi TNF-α ( protein yang unik yang dihasilkan selama respon inflamasi) yang terbentuk akibat peradangan . Kunyit (Curcuma domestica, Val) merupakan tanaman tradisional yang sudah dikenal luas dan sudah lama digunakan oleh masyarakat. Penelitian dilakukan dengan cara rimpang kunyit segar dicuci bersih, diiris dengan ketebalan ±0,2 cm, kemudian dikeringkan dengan cara dibiarkan di tempat terbuka yang tidak terkena sinar matahari langsung. Kunyit yang sudah kering disuling dengan cara destilasi uap bertingkat dengan alat destilator untuk mendapatkan minyak atsirinya dan dibuat dalam bentuk sediaan kapsul gelatin. Minyak atsiri hasil destilasi uap rimpang kunyit dilaporkan mempunyai senyawa aktif bergugus molekul serupa kurkumin yang berkhasiat anti radang pada edema sendi tarsal tikus. Setelah dilakukan uji toksisitas akut ( uji keamanan pada bahan makanan ) dan uji teratogenik ( uji  kerusakan sel saat kehamilan ) pada minyak atsiri kunyit yang diberikan pada hewan percobaan tergolong praktis tidak toksik serta menunjukan tidak ada kecacatan pada janin atau aman secara teratogenik. Pemberian minyak atsiri kunyit dosis 25 mg/kg BB selama satu minggu pada penderita gout artritis ditemukan dapat menurunkan kadar urea darah secara signifikan dan secara parsial menurunkan konsentrasi TNF-α pada kelompok perlakuan. ( Lailatul Muniroh dkk:2010 )





DAFTAR PUTAKA

Muniroh, Lailatul dkk, Desember  2010,  Minyak atsiri kunyit sebagai anti radang pada penderita gout artritis dengan diet tinggi purin. Makara kesehatan VoL 14  No.2

Wijayakusuma, Hembing ( 2007 ).  Atasi Asam Urat & Rematik ala Hembing. Depok : Puspa Swara, Anggota Ikapi

Krisnatuti, Diah dkk. Perencanaan menu untuk penderita gangguan asam urat.

Title: KUNYIT SEBAGAI ANTI RADANG PADA GOUT ARTRITIS ; Written by Unknown; Rating: 5 dari 5