Pages

Selasa, 12 November 2013

Rematik ??? Atasi Dengan Kecubung




oleh : Ning Suwarsih
Apa itu rematik? Apakah Anda menderita rematik?
Rematik  merupakan salah satu penyakit yang selalu di identifikasikan dengan perasaan nyeri, sakit, serta kaku pada otot, persendian, tulang, dan ligament. Reumatik itu sendiri banyak jenisnya tetapi yang populer dan banyak diderita penduduk Indonesia adalah asam urat ( gout arthritis).
Pada umumnya, rematik menyerang orang pada usia lanjut, yakni di atas 50 tahun. Namun, rematik juga juga dapat menyerang tanpa batasan usia, baik anak-anak, remaja maupun dewasa. Sebagian besar orang terutama yang bertempat tinggal di daerah terpencil atau pedesaan berpendapat bahwa asam urat di sebabkan karena sering mandi pada malam hari. Pada dasarnya, ada beberapa faktor yang mempengaruhi terjadinya serangan rematik, diantaranya:
1.       Faktor infeksi
Rematik dapat terjadi karena adanya infeksi dari virus maupun bakteri.
2.      Faktor pekerjaan
Rematik dapat terjadi apabila seseorang mengangkat beban yang terlalu berat sehingga menimbulkan nyeri pada pinggang.
3.      Faktor usia
Seiring dengan  bertambahnya usia, seseorang akan semakin rentan untuk sakit. Lansia akan lebih sering mengeluh mengalami nyeri.
4.      Faktor makanan
Rematik dapat timbul jika terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung purin.
5.      Faktor keturunan
Rematik merupakan salah satu penyakit yang dapat diturunkan. Sehingga orang tua yang mempunyai atau menderita rematik dapat menurun ke anaknya.
Lalu bagaimana pengobatan pada rematik?
Pengobatan untuk rematik Hingga saat ini  terus berkembang. Baik secara modern maupun konvesional (tradisional). Sebagian besar orang, masih menggunakan obat tradisional untuk mengobati rematik. Salah satunya dengan menggunakan tanaman kecubung. Tanaman kecubung dipercaya berkhasiat dapat menyembuhkan rematik
Tanaman kecubung merupakan tanaman yang tumbuh liar ditempat terbuka, seperti tanah berpasir, tepi sungai, di semak, atau pekarangan sehingga sangat mudah utuk kita jumpai. Siapa sangka tanaman liar ini memiliki banyak khasiat sebagai obat herbal, hamper semua bagian dari kecubung ini dapat dimanfaatkan muali dari akar, daun, dan bunga.

Bunga digunakan untuk mengatasi:
Asma, napas pendek, bronchitis kronik, batuk


        Rasa nyeri hebat pada kanker stadium lanjut
      Nyeri lambung, rematik
        Kejang atau epilepsy (ayan) yang disebabkan rasa takut
        Sakit jiwa 
         Sebagai obat bius pada operasi (anestesi)


Akar digunakan untuk pengobatan:
  •    Kolera
  •    Sesak napas
Daun digunakan untuk mengatasi:
        1. Sesak napas, batuk rejan, rematik, bronchitis
         2. Sakit pinggang, rematik, memar
        3. Ketombe
         4. Cacingan
        5. Lendir tenggorokan

Cara pengobatan rematik menggunakan kecubung:
Cara I:
Cuci 2-3 kuntum bunga kecubung, lalu rebus dalam air bersih secukupnya sampai mendidih (kira-kira 15 menit). Gunakan ramuan ini untuk obat kompres selagi hangat.
Cara II:
Daun kecubung, sereh, dan minyak kelapa dipanaskan sampai mendidih, bahan lain dimasukan hingga daun layu kemudian minyak digosokkan pada bagian yang sakit (rematik atau kelumpuhan).



Referensi :
Dalimarta,Setiawan.2000.Atlas Tumbuhan Obat Indonesia Jilid 2.Jakarta:Trubus Agriwidya (http://books.google.co.id/books?id=vmrbQE4jfYcC&pg=PA108&dq=cara+mengobati+rematik+dengan+kecubung&hl=id&sa=X&ei=z_qBUtq4JIa4rgfvtICACA&redir_esc=y#v=onepage&q=cara%20mengobati%20rematik%20dengan%20kecubung&f=false) Diakses pada tanggal 10 November 2013 pukul 14.40 WIB.
Dalimarta,Setiawan.2000.Tanaman Obat di Lingkungan Sekitar.Jakarta:Puspa Swara (http://books.google.co.id/books?id=rG343rcuDYC&printsec=frontcover&hl=id#v=onepage&q&f=false) Diakses pada tanggal 10 November 2013 pukul 15.20 WIB.
Syarif,Pudjiati.,Suryotomo,Bambang,dkk. Diskripsi Dan Manfaat Tanaman Obat Di Pedesaan
Sebagai Upaya Pemberdayaan Apotik Hidup (Studi Kasus Di Kecamatan Wonokerto.


Title: Rematik ??? Atasi Dengan Kecubung ; Written by Unknown; Rating: 5 dari 5