Pages

Selasa, 12 November 2013

Cegah Osteophorosis




CEGAH OSTEOPOROSIS dengan SIPATAH-PATAH
By: Marsha Yoke Nancy

Osteoporosis, huuuuuuuu.....


Bagi kalian yang tidak ingin masa tuanya ber-osteophorosis sekarang ada ekstrak SIPATAH-PATAH untuk mencegahnya...

Si PATAH-PATAH??????????

Sipatah-patah atau dalam bahasa latin disebut Cissus qudrangularis Linn (Cq). Merupakan tumbuhan yang banyak tumbuh di Aceh, Indonesia. Selain di Aceh, tumbuhan ini juga banyak tumbuh di Malaysia, Sri Lanka, dan India.

                       
Tumbuhan Sipatah-patah banyak dipercaya oleh orang India sebagai bone setter karena kemampuannya dalam mempertautkan tulang. Sedangkan di Sri Lanka, Cq digunakan untuk menyembuhkan patah tulang. Penelitian untuk mengetahui pengaruh ekstrak si PATAH-PATAH dalam meningkatkan kualitas mikrostruktur sudah diteliti dalam jurnal Kualitas Tulang Tikus Betina Normal yang Diberi Ekstrak Sipatah-patah pada Masa Pertumbuhan.

Kandungan yang terdapat dalam tumbuhan qudrangularis Linn (Cq) dalam  Studi fitokimia menunjukkan adanya kandungan flavonoid seperti kuersetin dan vitamin C, resveratrol, piceatannol, palidol, asam askorbat, ketosteroid, dan karoten (Swamy et al., 2006), g-amirin, damiron (Mehta et al., 2001), kalsium-fosfat (Tiangburanatham 1996; Sanyal et al. 2005). Apalagi akar tanaman Cq sangat berguna untuk pengobatan retak tulang baik diminum maupun digunakan sebagai plester eksternal. Semua senyawa ini mempunyai potensi efek metabolik dan fisiologik yang berbeda (Shirwaikar et al. 2003; Combaret et al., 2004).

Cara pemanfaatannya dengan diambil ekstraknya, diminum, atau sebagai plester eksternal. Dalam pembuatan ekstrak sipatah-patah (ESP) sudah pernah dilakukan di Laboratorium Farmasi, Departemen Klinik, Reproduksi dan Patologi, FKH IPB. Bagian batang tanaman sipatah-patah yang diambil adalah batang yang kemudian dipotong-potong sepanjang sekitar 1 cm, lalu diangin-anginkan sehingga menjadi kering, selanjutnya dimasukkan ke dalam oven dengan suhu 60°C selama 48 jam. Setelah kering, batang sipatah-patah kemudian dihaluskan dengan penggilingan sehingga menjadi serbuk. Serbuk ini kemudian dimaserasi dengan menggunakan etanol 95%. Ekstrak cair sipatah-patah tersebut selanjutnya dikentalkan dengan rotavapor (Rotavapor R-205 Buchi® Switzerland). Ekstrak yang diperoleh dipekatkan kembali dengan kompresor udara menjadi ekstrak kasar hingga mendapatkan 115 Jurnal Veteriner Juni 2011 Vol. 12 No. 2: 113-119 endapan kental. Untuk mempermudah pemberian kepada hewan coba, ekstrak dibuat dalam bentuk suspensi berupa ekstrak cair etanol


Begitu banyaknya manfaatnya tumbuhan Cissus qudrangularis Linn (Cq), akan tetapi efek sampingnya belum diketahui terutama untuk ginjal.


Semoga Bermanfaat...:)


Daftar Pustaka :
1. jurnal THE QUALITY OF BONE GROWTH IN FEMALE RATS THAT GIVEN SIPATAH-PATAH EXTRACT DURING GROWTH PERIOD oleh Sabri Mustafa, Nurhidayat, Koeswinarning Sigit, Bambang Pontjo Priosoeryanto, Wasmen Manalu. Jurnal Veteriner Juni 2011. Vol. 12 No. 2: 113-119


Title: Cegah Osteophorosis; Written by Unknown; Rating: 5 dari 5